Pages

Tuesday, July 24, 2012

Jenis-Jenis Karangan Tentang Banjir

1.    Narasi
Hari itu, tepatnya tanggal 26 Desember 2007. Air dari sungai meluap ke jalanan di desaku. Pada awalnya penduduk desa mengira bahwa itu hal yang biasa. Karena ketika di desaku terjadi hujan yang lebat pasti air sungai itu meluap ke jalanan. Akan tetapi, air itu semakin lama semakin meninggi dan masuk ke halaman depan rumah-rumah warga. Pada saat itu juga warga mulai mengungsikan barang-barang yang penting ke tempat yang lebih tinggi. Setelah hampir 1 jam lamanya air itu mulai masuk ke rumah-rumah warga sedikit demi sedikit. Warga dengan cepat mengungsi ke tempat yang tidak terjadi banjir untuk menyelamatkan nyawa dan barang-barang mereka.

2.    Deskripsi
Banjir di desaku itu merupakan banjir dari aliran sungai Bengawan Solo. Banjir yang menggenangi desaku setinggi 2 meter. Peristiwa banjir tersebut memakan korban jiwa sekitar 1 orang. Akibat peristiwa banjir tersebut ladang, sawah para petani gagal panen. Air banjir itu bewarna keruh atau coklat. Sekitar 1 rumah warga rusak akibat banjir tersebut.

3.    Eksposisi
Banjir adalah dimana suatu daerah dalam keadaan tergenang oleh air dalam jumlah yang begitu besar. Sedangkan banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba-tiba yang disebabkan oleh karena tersumbatnya sungai maupun karena pengundulan hutan disepanjang sungai sehingga merusak rumah-rumah penduduk maupun menimbulkan korban jiwa.
Bencana banjir hampir setiap musim penghujan melanda Indonesia. Berdasarkan nilai kerugian dan frekuensi kejadian bencana banjir terlihat adanya peningkatan yang cukup berarti. Kejadian bencana banjir tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor alam berupa curah hujan yang diatas normal dan adanya pasang naik air laut. Disamping itu faktor ulah manusia juga berperan penting seperti penggunaan lahan yang tidak tepat (pemukiman di daerah bantaran sungai, di daerah resapan, penggundulan hutan, dan sebagainya), pembuangan sampah ke dalam sungai, pembangunan pemukiman di daerah dataran banjir dan sebagainya.

4.    Argumentasi
Banjir sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat di Indonesia. Tidak heran lagi bila pemerintah berjuang mati-matian dan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan masalah ini. Membangun saluran air yang bagus merupakan salah satu cara pemerintah dalam menanggulangi banjir. Namun itu semua tidak dapat berhasil apabila tidak diimbangi dengan pembangunan daerah resapan air. Jadi, resapan air merupakan syarat mutlak untuk menaggulangi banjir.

5.    Persuasi
Banjir sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat di Indonesia. Tidak heran lagi bila pemerintah berjuang mati-matian dan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan masalah ini. Membangun saluran air yang bagus merupakan salah satu cara pemerintah dalam menanggulangi banjir. Namun itu semua tidak dapat berhasil apabila tidak diimbangi dengan pembangunan daerah resapan air. Jadi, resapan air merupakan syarat mutlak untuk menaggulangi banjir. Oleh karena itu, Marilah kita, bangun resapan air secara bersama-sama !

1 comment:

Online Now !!!

Ikuti !!!

Statistik